Remaja Merauke Dibekali Informasi Kesehatan Reproduksi

Remaja Merauke Dibekali Informasi Kesehatan Reproduksi

Kegiatan di SMA Yos Sudarso Merauke

Metro Merauke – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Merauke, Papua setiap tahun melaksanakan program memberikan informasi kesehatan reproduksi kepada remaja, secara bergantian di setiap sekolah.

Kepala Dinas P3AP2KB, Olvi Mandala mengatakan, Tahun ini dipusatkan di Distrik Merauke, Naukenjerai dan Jagebob. Kegiatan ini merupakan upaya membantu kesehatan, dan tumbuh kembang anak, memberikan perlindungan kepada anak, karena kesehatan reproduksi sangat penting untuk setiap pribadi, terutama remaja.

“Rata-rata mereka mengerti akses informasi reproduksi, tetapi mereka harus bisa membentengi diri dalam pergaulan, dan menghadapi perkembangan teknologi, jangan sampai mudah terjebak,” katanya, Jumat (6/10), di SMA Yos Sudarso Merauke.

Katanya, dinas mempunyai tugas, dan fungsi memberikan informasi, komunikasi, serta edukasi kepada remaja, sehingga mereka dapat memahami akses informasi mengenai kesehatan reproduksi.

“Selain belajar meraih cita-cita di sekolah, anak didik juga harus tahu segala yang terjadi di luar sekolah. Ada pesan yang diberikan, sehingga generasi muda punya bekal ilmu, lebih waspada dalam pergaulan, dan perkembangan teknologi,” ujarnya.

Menurutnya, selain informasi kesehatan reproduksi, remaja juga dibekali bahaya narkoba, supaya mereka menjauhinya. Maraknya berbagai kasus di luar Merauke, diharapkan menjadi peringatan untuk dihindari.

“Setiap tahun, program untuk memberikan komunikasi, informasi, dan edukasi dilakukan bergantian di sekolah yang ada di Merauke, disesuaikan dengan ketersediaan dana,” ujarnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement