Wabup Merauke Lepas Ribuan Siswa SMK Ikut Prakerin

Wabup Merauke Lepas Ribuan Siswa SMK Ikut Prakerin

Siswa/siswi dari 15 Sekolah Kabupaten Merauke yang akan Mengikuti Praktek Kerja Industri di Perusahaan Tahun 2017

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso, Selasa (3/10), secara resmi melepas 1.012 siswa dari 15 SMK untuk mengikuti prakatek kerja industri (prakerin) selama tiga bulan ke depan.

Dalam arahannya Sularso mengharapkan, ribuan pelajar SMK itu dapat mempraktekkan ilmu yang telah diterima, sesuai skil dan kompetensi masing-masing.

Katanya, praktek kerja industri merupakan bagian upaya pemerintah menyiapkan, dan menjawab permasalahan, utamanya menekan jumlah angka pengangguran di daerah, yang jumlahnya terus meningkat, dan kini berkisar 5.000 orang.

“Pelajar SMK merupakan calon tenaga kerja professional dan siap pakai, sehingga selama praktek harus dimanfaatkan dengan maksimal,” katanya saat melepas peserta prakerin.

Pelepasan peserta praktek kerja industri ditandai penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan, penandatangan MoU bersama Medco, dan sejumlah kepala sekolah tingkat SMK di Merauke.

Menurutnya, ada peningkatan jumlah pencari kerja di Merauke, namun tidak diimbangi ketersedian lapangan kerja memadai. Kondisi itu diperparah minimnya keterampilan para pencari kerja dalam berbagai bidang.

“Padahal potensi Sumber Daya Alam di Merauke sangat besar, dibutuhkan anak-anak Merauke yang terampil, inovatif, supaya mampu mengolah, dan mengembangkan potensi di daerah,” ujarnya.

Praktek kerja industri kepada pelajar SMK lanjutnya, dapat membantu pemerintah dalam menyiapkan tenaga kerja terampil, dan mumpuni dalam bidangnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement