Hari Pertama Pendaftaran Parpol di KPUD Merauke Sepi

Hari Pertama Pendaftaran Parpol di KPUD Merauke Sepi

Ketua KPUD Merauke, Papua, Antonius Kaize

Metro Merauke – Hari pertama pendaftaran partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang dibuka KPUD Merauke, Papua, Selasa (3/10), masih sepi pendaftar.

Ketua KPUD Merauke, Antonius Kaize mengatakan, belum ada satupun pengurus parpol yang mendaftar kepada pihaknya, padahal, telah ditempatkan sejumlah staf di Kantor KPUD untuk melayani pengurus parpol yang akan datang mendaftar.

“Hari ini tidak ada yang daftar. Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIT,” kata Anton Kaize kepada Metro Merauke, Selasa (3/10).

Menurutnya, sesuai ketentuan, pendaftaran akan belangsung selama 14 hari atau hingga 16 Oktober 2017. Ia mengingatkan pengurus parpol yang berniat menjadi peserta Pemilu 2019, wajib mendaftarkan diri.

“Sebelum pendaftaran dibuka, sudah ada beberapa partai politik yang datang meminta kejelasan mengenai mekanisme pendaftaran. KPU sudah mengadakan bimbingan teknis berkaitan dengan hal tersebut. Tujuannya, supaya parpol dapat memahami ketentuan dan mekanisme yang ada,” ujarnya.

Katanya, pendaftaran, penelitian administrasi, verifikasi faktual, dan penetapan parpol peserta pemilu, sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 11 Tahun 2017. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement