Tujuh Sekolah di Ngguti akan Dapat Bantuan Kendaraan Dinas

Tujuh Sekolah di Ngguti akan Dapat Bantuan Kendaraan Dinas

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua akan memberikan bantuan kendaraan dinas roda dua kepada tujuh sekolah di Distrik Ngguti.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, pengadaan kendaraan dinas dari APBD kabupaten itu, untuk menunjang kelancaran transportasi di setiap sekolah, yang tersebar di beberapa kampung.

“Sudah kami usulkan pada sidang APBD perubahan 2017. Dana itu untuk pengadaan kendaraan dinas roda dua. Setiap sekolah akan kami tempatkan satu atau dua unit motor,” katanya di GOR Hiad Sai, Senin (2/10).

Menurutnya, sejauh ini proses pendidikan di Distrik Ngguti tidak maksimal, lantaran berbagai kendala, salah satunya kelancaran transportasi. Pengadaan kendaraan dinas diharapkan, dapat membantu akses transportasi para guru dalam melaksanakan tugas, dan secara perlahan dapat mengurai masalah pendidikan.

“Kendaraan untuk Distrik Ngguti harus disesuaikan dengan kondisi daerahnya. Terlebih di Ngguti ketika musim hujan aksesnya sangat sulit dilalui,” ucapnya.

Namun Liem Gebze enggan berkomentar terkait tidak maksimalnya pendidikan di Distrik Ngguti, dan membuat kepala distrik menahan gaji sejumlah guru yang sering meninggalkan tempat tugas.

Ia mengatakan, lebih memilih meningkatkan sarana dan prasarana guru di tempat tugas secara bertahap, mulai penyediaan kendaraan dinas, dan pembangunan tempat tinggal guru.

“Ini memang hal yang dilema. Satu sisi guru tinggalkan tempat tugas, ada alasannya. Sedangkan penahanan gaji yang dilakukan distrik setempat, juga memiliki alasan tersendiri,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement