Rp1,3 Miliar Dandes Padang Raharja Telah Dicairkan

Rp1,3 Miliar Dandes Padang Raharja Telah Dicairkan

Kepala Kampung Padang Raharja, Sutarjo

Metro Merauke- Kepala Kampung Padang Raharja, Distrik Malind, Kabupaten Merauke, Papua, Sutarjo mengatakan, tahun ini desa yang dipimpinnya mendapat alokasi dana desa (dandes) senilai Rp1,5 miliar, dan telah dicairkan, Rp1,3 miliar, untuk program pembangunan di kampung.

Menurutnya, berbagai program yang dilaksanakan merupakan hasil kesepakatan bersama warga Kampung Padang Raharja.

“Kami tidak merencanakan sendiri, tetapi memberikan kesempatan kepada warga mengusulkan,” kata Sutarjo kepada Metro Merauke, Jumat (29/9).

Ia mengatakan, akan dilihat usulan program yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. “Saya tidak mau kalau muncul pro dan kontra dari masyarakat, hanya karena pengelolaan dana tak sesuai,” ujarnya.

Katanya, ada beberapa program dilaksanakan diantaranya pemberdayaan ekonomi kerakyatan, pengerjaan gorong-gorong, dan pembangunan 10 unit pasar kampung.

Khusus pasar kampung lanjut dia, dialokasikan anggaran senilai Rp200 juta, dan proses pembangunan sudah mencapai 40 persen.

“Kami menargetkan sebelum Desember sudah dapat dirampungkan,” katanya.

Untuk pengelolaan 10 unit pasar kampung kata dia, akan didiskusikan kembali, akan diberikan kepada siapa untuk menempatinya, supaya dimanfaatkan mejual hasil alam. Meski begitu, akan disewakan dan uang sewanya untuk kas kampung. (LKF/Arjuna)

Advertisement