Tiga Pulau di Merauke Dalam Pengawasan Polair

Tiga Pulau di Merauke Dalam Pengawasan Polair

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Perairan (Polair) Polres Merauke, Papua, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sakka

Metro Merauke – Kepala Satuan (Kasat) Polisi Perairan (Polair) Polres Merauke, Papua, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sakka mengatakan, selama ini terdapat tiga pulau di wilayah itu yang masuk dalam pengawasan pihaknya yakni Pulau Habe, Komolom serta pulau Kimaam.

Menurunya, dari tiga pulau tersebut, hanya Pulau Habe yang tidak berpenghuni, sedangkan dua pulau lain, dihuni warga dan mereka beraktivitas setiap hari.

“Alasan ketiga pulau menjadi perhatian, karena dikhawatirkan tak terdeteksi masyarakat, termasuk kapal-kapal yang masuk ke tempat itu. Olehnya, menjadi tugas dan tanggung jawab kami, saat melakukan patroli menyinggahi tiga pulau itu untuk memonitoring wilayah sekitar,” katanya kepada wartawan, Kamis (28/9).

Katanya, dari pantauan dan hasil monitoring di sepanjang perbatasan wilayah RI-PNG hingga Kali Digoel, ditemukan 70 tempat yang dihuni masyarakat. Mereka tinggal dan setiap hari beraktivitas mencari ikan, juga kegiatan lain demi menyambung ekonomi keluarga.

“Saya tak bisa mengatakan bahwa 70 daerah tersebut adalah kampung, karena belum tentu masuk dalam pemetaan wilayah Kabupaten Merauke,” ujarnya.

Menurutnya, memang banyak masalah ditemukan di puluha titik tesebut. Mulai dari anak-anak tidak mengenyam pendidikan, sampai ekonomi keluarga yang kurang baik. “Itu semata-mata akibat kurang ada sentuhan pemerintah,” katanya. (LKF/Arjuna)

Advertisement