Polda Papua: Pengelolaan Dandes Belum Sesuai Harapan Masyarakat

Polda Papua: Pengelolaan Dandes Belum Sesuai Harapan Masyarakat

Kegiatan bimbingan dan pembekalan tentang dana desa yang diikuti para Bhabinkamtibmas serta Babinsa

Metro Merauke – Kepolisian Daerah (Pol) Papua menyatakan, sejauh ini  dan pengelolaan dana desa (dandes) ke setiap kampung, belum sesuai harapan dan keinginan masyarakat.

Hal itu dikatakan Wakapolda Papua, Brigjen Pol Agus Rianto ketika menyampaikan sambutan Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar saat membuka bimbingan teknis kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa, para kepala kampung di Aula Gor Hiad Sai, Merauke, Kamis (28/9).

Dalam kegiatan yang diikuti empat kabupaten di wilayah selatan Papua yakni Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat, ia meminta Bhabinkamtibmas, dan Babinsa melakukan pengawasan terhadap dana desa di setiap kampung. Jika ada kesulitan, segera berkonsultasi dengan Kapolres maupun Dandim, sehingga mendapat petunjuk lebih lanjut.

“Saya berharap dengan pembekalan ini, sekaligus mendapatkan pengetahuan serta pemahaman secara komperhensif tentang dana desa.  Mengetahui seluruh peraturan pengelolaan keuangan secara baik dan meminimalisir pengeluaran yang tak sesuai,” katanya.

Menurutnya, untuk Kabupaten Merauke, terdapat 179 kampung dan kelurahan, Asmat 140 kampung, Mappi 164 kampung, dan Boven Digoel 112 kampung.

“Dalam tahun ini anggaran dana desa untuk Provinsi Papua sebesar Rp4,2 triliun. Dana sangat besar nilainya, namun pengelolaan belum sesuai harapan masyarakat di setiap kampung,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement