Perlu Ada Sanksi Terhadap Pelanggar Rambu Lalu Lintas

Perlu Ada Sanksi Terhadap Pelanggar Rambu Lalu Lintas

Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Jacobus Duwiri

Metro Merauke – Dinas Perhubungan Kabupaten Merauke, Satuan Lalulintas Polres Merauke, Organda dan Samsat harus bekerjasama menjalankan tugas di lapangan dalam memberikan sanksi kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas.

Salah satu jenis pelanggaran yang harus ditindak yakni pengendara tidak menggunakan helm, karena hingga kini pelangggaran jenis ini masih banyak ditemukan di Marauke. Selan itu, masyarakat yang tidak sabar, tak mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas di jalan.

“Ini terjadi karena apa, tidak ada sanksi tegas kepada pelanggar. Kalau ada sanksinya, pasti mereka akan takut untuk melanggar,” kata Kepala Dinas Perhubungan Merauke, Jacobus Duwiri, Rabu (27/9).

Ia berharap, semua instansi terkait harus sepakat dalam pemberian sanksi, supaya tidak terjadi pembiaran, sehingga kesalahan pelanggar aturan dan tata tertib lalu lintas tidak terulang.

“Selain itu, sangat penting ke depannya segera diterapkan kawasan tertib lalu lintas di Merauke,” ujarnya.

Katanya, semua kendaraan yang akan melintasi kawasan tertib lalu lintas, harus benar-benar mematuhi rambu dan aturan di jalan, seperti kelengkapan helm dan kondisi kelayakan kendaraan. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement