Tambahan 2.300 Ton Pupuk Belum Mencukupi Kebutuhan Petani Merauke

Tambahan 2.300 Ton Pupuk Belum Mencukupi Kebutuhan Petani Merauke

Ilustrasi panen padi di Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Meski ada tambahan pupuk sebanyak 2.300 ton dari pusat melalui Dinas Pertanian Provinsi Papua, namun jumlah tersebut belum memenuhi kebutuhan petani di Kabupaten Merauke, lantaran kebutuhan mengalami peningkatan, sesuai luas lahan yang dibuka.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Eddy Santoso saat ditemui sejumlah wartawan, Senin (25/9), mengatakan, kuota pupuk petani tahun ini sebanyak 34.000 ton. Namun jumlah itu, belum direalisasikan semuanya.

“Memang ada pengiriman tambahan pertama 100 ton, dan menyusul 1.000 ton lagi. Terakhir 2.300 ton itu, tetapi jumlah tersebut, masih kurang,” katanya.

Diharapkan, 2018 mendatang kuota yang diminta dapat direalisasikan secara sepenuhnya, karena petani di kampung-kampung, terus bersuara  terkait kekurangan pupuk.

“Apalagi luasan lahan yang dibuka terus mengalami peningkatan. Tahun ini saja untuk musim rendengan maupun gadu, lahan yang dibuka mencapai 50.000 lebih hektar. Sementara, cadangan pupuk tak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan petani jelang musim tanam,” ujarnya.  (LKF/Arjuna)

Advertisement