LPA Merauke akan Distribusikan 334 Akta Kelahiran Gratis

LPA Merauke akan Distribusikan 334 Akta Kelahiran Gratis

Ketua LPA Merauke, Papua, Hendrikus Mahuze

Metro Merauke – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Merauke, Papua akan mendistribusikan 334 akta kelahiran kepada masyarakat Merauke. Ratusan akta kelahiran itu dibuat secara gratis dan pengusannya dilakukan oleh LPA Merauke.

Ketua LPA Merauke, Hendrikus Mahuze mengatakan, masyarakat tidak menyia-nyiakan pembuatan akta kelahiran gratis yang merupakan program presiden melalui Duta Kementerian Sosial. Animo masyarakat Merauke mengurus akta kelahiran cukup banyak, melampaui kuota yang ditentukan.

“Awalnya LPA Merauke mendapat jatah mengurus 100 lembar akta kelahiran. Namun jumlahnya meningkat, dan terakhir terdata 334 lembar akta kelahiran yang berhasil dibuat dan siap didistribusikan kepada masyarakat,” katanya kepada wartawan, Jumat (22/9).

Katanya, program ini sangat tepat karena bertujuan membantu masyarakat, dan mengurangi jumlah anak Indonesia yang belum memiliki identitas kelahiran (akta kelahiran).

Menurutnya, secara nasional ada ribuan anak yang belum memiliki akta kelahiran, dan di Merauke pun cukup banyak anak yang belum mengantongi identitas kelahiran.

“Sasarannya membantu orang tua, baik di kota maupun di distrik untuk mengurus akta kelahiran,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement