Lagi, Napi Kabur dari Lapas Merauke

Lagi, Napi Kabur dari Lapas Merauke

Ilustrasi Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Merauke, Papua

Metro Merauke – Petugas Lapas Kelas II B Merauke, Papua kembali kecolongan. Seorang narapidana (napi), Emanuel Kamakaimu kabur dari lapas, Kamis (21/9). Sebelumnya, pekan lalu, hal serupa terjadi. Satu napi kasus penganiayaan, Agus K, juga kabur dari Lapas Merauke.

Pelaksana Harian Lapas Kelas II B Merauke, Eri Sutrisno mangatakan, Kamis pagi Emanuel Kamakaimu meminta izin petugas lapas untuk menjenguk istrinya yang sakit di rumah.

Dengan dikawal seorang petugas lapas, Emanuel diizinkan keluar lapas untuk menjenguk istrinya. Namun, setelah berjam-jam berada di luar, Emanuel Kamakaimu tak kunjung kembali ke lapas,

“Petugas yang mengawal napi itu juga sampai hari ini (Jumat) tidak masuk kantor dan HPnya tidak aktif. Padahal kami mau meminta keterangan dan kejelasan dari petugas yang mengawal napi,” ujar Eri saat dikonfirmasi Metro Merauke, Jumat (22/9).

Katanya, sebelum dizinkan keluar lapas dengan alasan menjenguk istrinya yang sakit, petugas telah diwanti-wanti untuk tidak lengah, dan terus melakukan pengawasan terhadap Emanuel.

“Kami sudah ingatkan jangan sampai ditinggal, dan habis jenguk langsung dibawa kembali ke lapas, tapi ternyata malah kabur,” ucapnya.

Eri Sutrisno mengakui jajarannya lalai dalam menjalankan tugas, hingga berujung kaburnya narapidana. Selain mengerahkan petugas melakukan pengejaran napi yang kabur, sesuai ketentuan, petugas yang tidak disiplin dan lalai bertugas, akan mendapat sanksi dari atasan.

“Kami masih perlu dalami, jika terbukti bersalah pasti petugas akan dijatuhi sanksi,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement