Damiana Samsiyati Pimpin SD YPPK Xaverius 1 Merauke

Damiana Samsiyati Pimpin SD YPPK Xaverius 1 Merauke

Penyerahan Dokumen Kepala Sekolah Dasar YPPK St. Fransiskus Xaverius 1 Merauke kepada Pejabat Baru oleh Ketua YPPK Merauke

Metro Merauke – Sr. M. Damiana Samsiyati, PBHK kini memimpin atau menjabat Kepala Sekolah Dasar (SD) YPPK St. Fransiskus Xaverius 1 Merauke, Papua.

Serah terima jabatan dari kepala sekolah sebelumnya, Sr. M Felicia Rosa Hartati, PBHK kepada Sr. M. Damiana Samsiyati, PBHK dipimpin Ketua YPPK Merauke, Pastor Agustinus Kia,Pr, Jumat (22/9).

Sr. Felicia mengatakan, ia sangat berat meninggalkan sekolah yang dipimpinnya selama enam tahun. Ketika awal kedatangannya bertugas di sekolah itu, kondisi sekolah gersang. Namun ia bersama para guru dan komite berupaya menciptakan situasi sekolah menjadi nyaman untuk siswa dan guru.

“Awal kedatangan saya ke sini, saya merasa berbeda jauh dengan sekolah di daerah Jawa yang memang semua sudah siap. Tetapi di sini, saya punya semangat untuk melayani anak Papua,” katanya.

Sebagai seorang pelayan, ia menyadari harus mengikuti misi konggregasi, untuk selalu siap melayani dan ditempatkan dimana saja. Kini ia akan melanjutkan tugas pelayanan di tempat baru di wilayah pulau Jawa.

Sr. Damiana yang menggantikan Sr. Felicia mengatakan, kepala sekolah memiliki tugas dan tanggungjawab besar, yang tidak mudah. Namun membutuhkan dukungan dan kerjasama semua pihak terkait untuk kesuksesan dalam melaksanakan tugasnya.

“Dalam melaksanakan tugas, saya akan berusaha menjadi pemimpin yang baik demi kemajuan anak-anak di Papua,” ujarnya.

Ketua YPPK Merauke, Pastor Agustinus Kia,Pr berterimakasih kepada mantan kepala sekolah yang sudah setia, sabar, sepenuh hati memimpin, dan bersama para guru mendidikan siswa SD YPPK Xaverius 1.

Katanya, 90 persen siswa di sekolah itu merupakan anak asli Papua, dan perkembangan anak dalam dunia pendidikan harus dimantapkan sejak mereka masih dijenjang sekolah dasar.

“Saya selalu tekankan agar kita harus selalu setia pada panggilan tarekat. Kita siap ditempatkan dimana saja dalam menjalankan tugas pelayanan kepada umat Allah,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement