Pelantikan Kadisdukcapil Harus Disetujui Mendagri

Pelantikan Kadisdukcapil Harus Disetujui Mendagri

Kantor Kependudukan dan Capil Kabupaten Merauke, Papua yang beralamat di Jalan Biak

Metro Merauke – Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze mengatakan, pelantikan kepala dinas kependudukan dan catatan sipil (kadisdukcapil) harus mendapat persetujuan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Katanya, pemerintah kabupaten berkewenangan merekomendasikan pejabat di disdukcapil, namun terlebih dahulu harus ada persetujuan Mendagri.

“Memang pejabat di instansi tersebut, kewenangannya ada di Kementerian Dalam Negeri. Aturannya seperti itu, saya sampaikan ini agar semua orang dapat memahami dengan baik,” kata Bupati Freddy dalam pelantikan puluhan pejabat eselon II,III, dan IV, Selasa (19/9).

Menurutnya, jika sudah ada persetujuan Mendagri, barulah pelantikan kadisdukcapil dapat dilangsungkan, dan pejabat terkait dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

Sebelumnya, Kadisdukcapil Kabupaten Merauke, Dominikus Yomkondo menyatakan pernah dinonjobkan selama enam bulan. Akibatnya, Kemendagri memutus server, yang menyebabkan pelayanan e-KTP di kabupaten itu tidak dapat dilakukan.

“Begitu saya sudah dikembalikan sebulan lalu, barulah server dibuka dan pelayanan normal kembali,” kata Yamkondo. (LKF/Arjuna)

Advertisement