Kepsek dan Bendahara di Merauke Dibekali Tata Kelola Dana BOS

Kepsek dan Bendahara di Merauke Dibekali Tata Kelola Dana BOS

Suasana bimbingan teknis (Bimtek) untuk kepala sekolah dan bendahara SD di Merauke, Papua, Selasa (19/9)

Metro Merauke – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Papua membekali tata kelola dana sekolah terutama Bantuan Operasional Sekolah (BOS) kepada para kepala sekolah (kepsek) dan bendahara sekolah tingkat SD.

Pembekalan dilakukan dengan bimbingan teknis (Bimtek), Selasa (19/9), yang bertujuan meningkatkan tata kelola dan akuntabilitas, supaya tidak lagi terjadi penyimpangan penggunaan anggaran, karena tidak sesuai petunjuk lapangan dan petunjuk teknis pemanfaatan dana.

Pelaksana tugas Kepala Dina Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke, Felix Liem Gebze mengatakan, pemahaman para pengelola terhadap pemanfaatan dana di sekolah masih minim. Ini terlihat dari banyaknya kesalahan yang menjadi temuan ketika pemeriksaan.

“Sebenarnya gampang saja, tinggal buka di internet untuk teknis penggunaan dana BOS. Secara tertulis juga sudah kami berikan kepada setiap kepala sekolah, supaya dalam pelaksanaannya berpedoman pada  petunjuk itu,” katanya, Selasa (19/9).

Katanya, banyak kesalahan dalam pencairan dana BOS yang dilakukan, karena menyelesaikan laporan pertanggungjawaban pemakaian dana sebelumnya.

“Di sisi lain, kekeliruan dalam pembayaran pajak saat belanja barang. Ini menjadi temuan saat pemeriksaan dan harus dikembalikan,” ujarnya.

Bimtek kali ini melibatkan inspektorat, perpajakan, kejaksaan negeri dan dinas pendidikan. Diharapkan, para peserta menyimak dengan baik dan memahami, sehingga tidak lagi terjadi kesalahan. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement