Warga Khawatir, Debu Jalan Menyebabkan Masalah Kesehatan

Warga Khawatir, Debu Jalan Menyebabkan Masalah Kesehatan

Nampak salah satu sudut jalan di Distrik Tanah Miring yang ditutupi kabut debu

Metro Merauke – Warga Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua khawatir debu yang mereka hirup setiap hari, akibat proyek perbaikan jalan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, tidak hanya kepada warga sekitar, namun para pengguna jalan.

Kepala Distrik Tanah Miring, Rizky Firmansyah mengatakan, kini sedanng dilakukan perbaikan sejumlah ruas jalan yang rusak di Distrik Tanah Miring, untuk meningkatkan kelancaran akses transportasi masyarakat. Namun ia berharap, pelaksana proyek memperhatikan faktor lingkungan.

“Warga sudah banyak keluhkan hal ini. Dari pagi hingga malam harus menghidup debu. Tentu ini dapat menggangu kesehatan,” katanya kepada wartawan di Kampung Waninggap Miraf, Distrik Tanah Miring, Kamis (14/9).

Menurutnya, pelaksana proyek jangan mengesampingkan efek debu yang ditimbulkan dari pekerjaan perbaikan jalan itu. Jika dibiarkan, dapat menimbulkan masalah kesehatan dan mengotori udara.

“Seharusnya untuk menghindari meluapnya debu saat perbaikan jalan, dilakukan penyiraman badan jalan yang akan diperbaiki,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement