Antara Gengsi dan Kebutuhan, Ingat Gaya Hidupmu Bukan Harga Dirimu

Antara Gengsi dan Kebutuhan, Ingat Gaya Hidupmu Bukan Harga Dirimu

Foto: Copyright Shutterstock

Metro Merauke – Sejak kemarin sosial media hangat membicarakan tentang kabar Apple yang akan merilis seri terbaru iPhone X. Seri terbaru ini dihargai dengan $999, angka yang fantastis. Ada yang memuji namun tidak sedikit yang menganggap harga tersebut terlalu mahal untuk sebuah handphone. Kalau kamu termasuk yang menanti produk terbaru ini atau tim yang hanya ‘sekadar tahu’ saja?

Tidak bisa dipungkiri, beberapa merk tertentu memang akan menyampaikan statement bagi penggunanya. Hal ini yang menjadi nilai jual yang dipakai untuk para produsen. Banyak konsumen yang mengabaikan fungsi dari produk tertentu, ia lebih memilih untuk membeli ‘pengakuan’ yang didapatkan saat ia menggunakan produk tertentu. Tidak jarang yang rela ‘kere’ untuk mendapat pengakuan tersebut.

Antara Kebutuhan dan Gengsi

Foto: Copyright picturequotes.com

Apa yang kamu pertimbangkan saat membeli satu produk? Fungsi atau ‘pengakuan’ yang ingin kamu dapatkan. Perilaku kita yang lebih menyukai untuk mendahulukan gengsi inilah yang menyebabkan banyak yang rela menghabiskan sebagian besar gajinya untuk memenuhi gaya hidup.

Tidak salah jika ada yang mengatakan jika gaji seberapa besar pun tidak akan sanggup untuk membiayai gaya hidup. Well, serem juga ternyata jika kita tidak dapat mengendalikan gaya hidup dan lebih mengutamakan gengsi.

Lalu apa yang harus kamu lakukan untuk menekan gengsi dalam kehidupan sehari-hari?

Pertama, hiduplah dengan kemampuan kamu. Hal ini sangat penting, berhenti mengukur kemampuan diri dengan standar hidup orang lain. Lihat kemampuan kamu, jangan memaksakan diri agar sama dengan orang lain hanya untuk lebih dihargai. Menerima diri sendiri akan membuat kamu terhindar dari gengsi yang justru menghambat kamu untuk sukses.

Kedua, jadilah diri kamu sendiri. Tidak perlu menjadi orang lain demi diterima orang lain. Well, orang yang menyukai kamu tidak perlu alasan untuk menerimamu dan orang yang membencimu tidak akan pernah mendengarkan kebaikan tentangmu. Jadi, apa salahnya menjadi diri sendiri?

Yang ketiga dan terakhir, hiduplah dengan sederhana. Tidak perlu ikut-ikutan demi terlihat keren. Membeli barang yang tidak kamu butuhkan demi terlihat keren dan menarik.

Kata orang bergayalah sesuai dengan isi dompetmu bukan gengsimu. Sst, gengsi tidak akan pernah menjamin masa depanmu loh. Selamat hari ini ladies. (vem/apl)

Sumber: Vemale

Advertisement