Cegah Malaria, 95 Ribu Kelambu akan Dibagikan di Merauke

Cegah Malaria, 95 Ribu Kelambu akan Dibagikan di Merauke

Penanggung jawab logistik Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Silas Mabui

Metro Merauke – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, Papua akan membagikan sebanyak 95 ribu kelambu berinsektisida dari Kementerian Kesehatan kepada masyarakat yang berada di 20 distrik.

Pembagian kelambu disebut penting untuk menekan penyebaran penyakit malaria, mengingat kasus malaria di Papua menduduki urutan teratas di Indonesia.

Penanggung jawab logistik Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Silas Mabui kepada Metro Merauke mengatakan, Kementerian Kesehatan yang didukung bantuan Global Fun, membantu dengan pembagian kelambu. Namun perlu ditunjang program-program unggulan terkait menekan kasus malaria di Papua.

“Sebanyak 95 ribu pcs kelambu yang dikemas dalam 1990 bal kini dalam perjalanan menuju Merauke. Pembagian kelambu dilakukan secara serentak pada Oktober mendatang,” kata Silas, Selasa (12/9).

Menurutnya, pembagian kelambu massal juga menjadi salah satu program pemerintah menuju Indonesia bebas malaria, sehingga diharapkan, distribusinya tepat sasaran.

“Kelambu yang dirancang khusus berinsektisida itu dibagikan secara gratis. Jika kedapatan ada yang mempejual-belikan, akan diproses hukum, karena menyalahi aturan,” ucapnya.

Sebelum dibagi, terlebih dahulu dilakukan mikroplanning kelambu massal untuk 25 puskesmas, supaya distribusi dilakukan maksimal, termasuk mensosialisasikan pemakaian kelambu berinsektisida secara baik dan benar. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement