Satgas Latih Siswa SMPN1 Tanah Merah Gerakan Pramuka

Satgas Latih Siswa SMPN1 Tanah Merah Gerakan Pramuka

Satgas Latih Siswa SMPN1 Tanah Merah Gerakan Pramuka

Metro Merauke – Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma memberikan berbagai materi untuk mengisi kegiatan Perkemahan Jumat, Sabtu dan Minggu (Perjusami) Gerakan Pramuka kepada SMPN 1 Tanah Merah, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Perjusami ini dilaksanakan, 8 hingga 10 September 2017, dengan melibatkan 15 personel anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK yang dipimpin, Lettu Inf Wahyuliyanto (Pasiter Satgas), 15 guru pembina, 20 siswa penegak dari SMAN 1 Tanah Merah, dan diikuti 325 siswa SMPN 1 Tanah Merah.

“Tiga hari pelaksanakan pendampingan peserta Perjusami, dengan materi yang diberikan tentang wawasan kebangsaan, PBB, perlombaan-perlombaan yang bertemakan kebersamaan, dan berjalan di alam terbuka yang mengandung petualangan,” kata Letkol Inf Diantoro, Dansatgas Pamtas Yonif 405/SK, Senin (11/9).

Berjalan di alam terbuka merupakan materi terakhir menutup seluruh rangkaian kegiatan Perjusami. Dalam perjalanan, mereka harus melalui enam pos yang telah disiapkan Satgas Pamtas Yonif 405/SK.

Pos-pos tersebut berupa pengetahuan mengesan jejak, pengenalan kompas, tali temali, pertolongan pertama lapangan (Longmalap), semapur (cara mengirimkan berita dengan menggunakan gerakan-gerakan khusus), dan ketrampilan membuat tenda.

Menurutnya, pendampingan anggota Satgas Pamtas Yonif 405/SK dalam kegiatan Perjusami SMPN 1 Tanah Merah untuk membentuk generasi muda yang berkepribadian dan berakhlak mulia, serta menanamkan semangat kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement