BUMkam Desa Peduli Gambut Dibentuk

BUMkam Desa Peduli Gambut Dibentuk

Kegiatan di salah satu hotel di Merauke, Papua

Metro Merauke – Pembentukan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) bagian dari rangkaian dari kegiatan desa peduli gambut di Kabupaten Merauke, Papua oleh Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut.

Badan Restorasi Gambut (BRG) selalu melibatkan masyarakat untuk menjawab kegiatan revitalisasi perekonomian masyarakat.

Masyarakat tidak hanya dilarang membakar gambut atau berpindah tempat komoditas, tetapi diperkuat kapasitas untuk mengenal produk-produk lokal atau potensi setempat yang ramah gambut dan bisa dipasarkan.

“Mereka tidak hanya mengenali produk, tapi mereka mengerti mau dipasarkan kemana. Untuk itu kepada kampung-kampung target restorasi gambut kita berikan pelatihan konsep  BUMKam,” ujar Tenaga Ahli Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut, Anna Sinnaga, Senin (11/9).

Masyarakat diperkenalkan cara, manfaat dari potensi yang ada di kampung masing-masing. “Sebagian masyarakat memahami potensi yang mereka punya, tetapi masih bingung teknik pemasaran, mau dipasarkan kemana,” ujarnya.

BRG akan mendampingi masyarakat kampung peduli gambut dalam mensukseskan program yang diturunkan.

“Kami harap apa yang kami sediakan dalam pelatihan ini bisa ada manfaat dan ditindaklanjuti oleh masyarakat. Kami akan terus mendampingi dan diharapkan kerjasama Pemkab Merauke supaya ini ada hasilnya,” ucapnya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement