Aspres Danlantamal XI Pimpin Upacara Lahirnya TNI AL

Aspres Danlantamal XI Pimpin Upacara Lahirnya TNI AL

Pemeriksaan Pasukan Sebelum Upacara

Metro Merauke – Aspers Danlantamal XI, Kolonel Laut (KH) Yuliwirya Basri pimpin upacara lahirnya 72 TNI Angkatan Laut (AL) ke-72, di Lapangan Apel Mako Lantamal XI Merauke, Senin(11/9), dengan tema Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, dalam amanatnya yang dibacakan Aspers Danlantamal XI, Kolonel Laut (KH) Yuliwirya Basri mengatakan, upacara peringatan lahirnya TNI AL memiliki tiga makna penting yang harus dipahami.

Pertama makna keimanan dan ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya, selama 72 tahun masa pengabdian TNI AL.

“Kemudian, makna historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mengisi kemerdekaan, serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara. Makna evaluativ, sebagai momentum instrospeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang,” katanya.

Dalam kesempatan itu, dilaksanakan penyerahan tali asih dari Lantamal XI kepada Warakawuri sebagai bentuk kepedulian kepada Purnawirawan TNI AL diantaranya Peltu Mar (Purn) Hendrik Muskanan, Janda Almarhum (Purn) Serma Bah Moch. Yasid dan Janda Almarhum Serka Nav Soni Subagyo.

Upacara dilanjutkan dengan antraksi semaphore dari Pramuka Saka Bahari Binaan Lantamal XI dengan formasi ucapan Dirgahayu TNI AL Ke-72. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement