Pemkab Merauke Anggarkan Pusat Perbelanjaan di Batas RI-PNG

Pemkab Merauke Anggarkan Pusat Perbelanjaan di Batas RI-PNG

Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso mengatakan, 2018 mendatang pemerintah setempat menyiapkan anggaran untuk menciptakan pertumbuhan baru di daerah itu dan mendukung pasar tradisional, yang menjadi pusat pembelanjaan di tapal batas RI-Papua Nugini (PNG), di Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

“Supaya terjadi barter atau pertukaran produk antara masyarakat Indonesia dan PNG. Selain itu, saat ini kita punya peran penting baik di bidang pendidikan dan kesehatan. Banyak warga PNG yang datang berobat maupun yang sekolah di wilayah Indonesia,” ucapnya, Kamis (7/9).

Ia mengatakan, daerah perbatasan diharapkan mampu sebagai daerah penyangga, baik dibidang pangan maupun bidang lainnya terhadap negara tetangga.

Katanya, hubungan kekerabatan dan persaudaraan sangat kuat di daerah itu, namun situasinya sangat kondusif, aman dan semua aktifitas berjalan lancar.

Dari sisi pangan Merauke diharapkan, dapat mengekspor beras ke Negara PNG. Begitu juga sebaliknya, ada kerjasama lainnya dalam menjalin hubungan antarnegara perbatasan, yang mungkin ditawarkan PNG ke Kabupaten Merauke. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement