Siswa Difabel Dilatih Simulasi Gempa

Siswa Difabel Dilatih Simulasi Gempa

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Merauke, Thiasoni Betaubun

Metro Merauke – Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Kabupaten Merauke, Papua bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyelenggarakan workshop penanganan bencana gempa bumi.

Kegiatan yang berslangsung selama tiga hari (4-6 September) itu, diikuti siswa dan guru SDLB, kepala rukun tetangga dan pegawai kelurahan.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Merauke, Thiasoni Betaubun mengatakan, pelatihan dan simulasi penanganan bencana terhadap siswa berkebutuhan khusus menjadi penting dilakukan, dengan harapan jika bencana datang tiba-tiba, para siswa dan guru dapat dengan sigap melakukan evakuasi penyelamatan secara baik untuk meminimalisir korban jiwa.

Pelatihan diawali dengan menggambarkan suasana kegiatan belajar mengajar di setiap kelas. Tiba-tiba, terdengar suara sirine menginformasikan adanya peristiwa gempa bumi.

“Para siswa dan guru segera merespon kejadian ini dengan berjongkok, melindungi kepala menggunakan tas, dan bersembunyi di bawah meja, kemudian dievuasi di tempat yang lebih aman, seperti lapangan. Langkah-langkah ini penting dalam penyelamatan diri,” kata Thiasoni Betaubun kepada wartawan, Rabu (6/9).

Menurutnya, pelatihan mitigasi bencana penting ditanamkan sejak anak-anak. Terlebih, pelatihan ini diberikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus, sehingga penyampaian materi dan pelatihan juga diberikan secara khusus.

Dikatakan, untuk penyandang tuna netra, diberikan secara visual dan tuna wicara diberikan melalui  isyarat.

Katanya, Kabupaten Merauke berpotensi terjadi bencana, salah satunya banjir. Meski begitu, bencana lainnya seperti gempa bumi, kebakaran maupun tsunami perlu tetap diwaspadai, dan diantisipasi.

“Kali ini pelatihan simulasi penanganan bencana lebih difokuskan pada bencana gempa bumi, ini sebagi langkah antisipasi bila mana bancana datang tiba-tiba, siswa difabel juga sudah mengetahui langkah penyelamatan diri,” ujarnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement