Merauke Lumbung Pangan Harus Didukung Kebutuhan Dasar Pertanian

Merauke Lumbung Pangan Harus Didukung Kebutuhan Dasar Pertanian

Ilustrasi panen raya di Merauke, Papua

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso mengatakan, upaya pemerintah mendorong pencapaian lumbung pangan nasional di Merauke, harus didukung dengan pemenuhan kebutuhan dasar pertanian, baik pupuk, air, irigasi, alat tani dan infrastruktur lainnya, termasuk menciptakan atau menyiapkan tenaga kerja sektor pertanian.

Ia mengatakan, yang memiliki semangat mengolah lahan atau menjadi petani hanya orang-orang tua. Generasi kini muda sama sekali tidak berminat, sehingga angka pengangguran begitu tinggi di Merauke.

“Kini kurang lebih 2500 orang penganggur, karena malas dan pilih-pilih kerja. Padahal penghasilan petani cukup menjanjikan. Dalam mengolah padi di lahan seluas satu hektar, kurang lebih tiga bulan dapat menghasilkan uang Rp10 juta. Belum lagi kalau dua atau tiga hektar lahan,” kata Sularso dalam sambutannya pada panen raya di Kampung Yabamaru, Distrik Tanah Miring, Merauke, Rabu (6/9).

Menurutnya, potensi dan ruang sudah ada tetapi tidak dimanfaatkan oleh generasi muda kini. Untuk itu, perlengkapan peralatan mekanisasi perlu diprioritaskan supaya membantu dan memudahkan para petani (orang tua) mengolah lahan.

Selain itu, dukungan pupuk, air, pemberantasan hama, terutama pendampingan dalam pencapaian hasil panen yang baik dan berkualitas harus serius diperhatikan. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement