Ratusan Sopir Datangi DPRD Merauke

Ratusan Sopir Datangi DPRD Merauke

Para sopir yang mendatangi kantor dewan

Metro Merauke – Sedikitnya 200an orang sopir mini truk dan pickup mendatangi Kantor DPRD Merauke, Selasa (5/9), sebagai aksi protes belum adanya fasilitas memadai di terminal sementara, yang terletak di belakang SMPN 2 Merauke, Papua.

Para sopir datang dengan menggunakan beberapa kendaraan dan ada yang berjalan kaki dari terminal, tak jauh dari gedung dewan.

Kedatangan mereka diterima Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa bersama sejumlah anggota dewan. Hadir juga, Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta serta Kepala Dinas Perhubungan setempat, Jakobus Duwiri.

Eddy Latumahina, perwakilan para sopir mengaku, pemerintah melalui dishub telah membangun terminal sementara di belakang SMPN 2. Hanya saja, belum dibangun fasilitas lain dan lantai terminal masih tanah.

“Beberapa waktu lalu, kami mendapatkan bantuan dana dari Pak Bupati Merauke, Frederikus Gebze untuk dirikan bangunan agar para sopir duduk sambil menunggu penumpang yang berangkat ke Kabupaten Boven Digoel,” katanya.

Sementara fasilitas lain berupa WC belum ada sama sekali. Belum lagi, kalau datang musim hujan, daerah di terminal becek dan menyulitkan kendaraan keluar masuk setiap hari.

Sebelum dipindahkan katanya, para sopir memarkir kendaraan mini truk di Terminal Wamanggu dan pickup di luar terminal, sambil menunggu penumpang.

“Ketika kami dipindahkan ke tempat lain, perlu disiapkan fasilitas terlebih dahulu,” pintanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta mengatakan, pemerintah akan menyelesaikan beberapa item pekerjaan seperti WC maupun jalur keluar masuk mobil.

“Namun itu sifanya sementara. Karena sedang dibangun terminal Tipe B yang beralamat di sekitar Blorep. Disitu nanti diatur tempat parkir mobil hilux maupun pickup,” ujarnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement