Mbaraka: Pendapatan Kabupaten Merauke Menurun

Mbaraka: Pendapatan Kabupaten Merauke Menurun

Mantan Bupati Merauke, Papua, Romanus Mbaraka

Metro Merauke – Mantan Bupati Merauke, Papua, Romanus Mbaraka mengatakan, Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) APBD tahun anggaran 2016 yang mencapai Rp400 miliar menandakan kabupaten itu mengalami penurunan dalam hal pendapatan.

“Dengan SiLPA yang sangat besar, sesungguhnya pendapatan Kabupaten Merauke mengalami penurunan,” kata Mbaraka kepada Metro Merauke, Senin (4/9).

Katanya, jika SiLPA berkisar Rp100 miliar, masih dapat disebut ideal, apalagi kalau dibawah nominal itu.

“Kenapa demikian, karena dengan begitu, dapat diketahui kemampuan daerah dalam mengelola keuangan, maupun pengelolaan pendapatan untuk tahun berikutnya,” ujarnya.

Dengan SiLP mencapai Rp400 miliar lanjut Mbaraka, 2017 ini, penerimaan sangat kecil, karena yang dana terpotong, nominalnya cukup besar. Minimnya penerimaan daerah, hanya karena SiLP hingga ratusan miliar rupiah, secara tidak langsung menutup pendapatan murni yang diterima Kabupaten Merauke.

“Harus jujur, pendapatan murni dari PAD sangat kecil, dibawah Rp90 miliar,” ucapnya.

Katanya, jika tahun ini SiLPA meningkat, belanja daerah dipastikan konyol dan berbagai kegiatan pembangunan tidak berjalan normal.

“Untuk itu, perencanaan sangatlah penting dilakukan. Semua sektor perlu digenjot, termasuk pajak,” ucapnya. (LKF/Arjuna)

Advertisement