Satgas Ajarkan Masyarakat Membuat Selai Nanas

Satgas Ajarkan Masyarakat Membuat Selai Nanas

Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma mengajarkan masyarakat Kampung Upkim dan Kampung Waropko, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Papua cara membuat selai nanas

Metro Merauke – Satgas Pamtas Yonif 405/Surya Kusuma mengajarkan masyarakat Kampung Upkim dan Kampung Waropko, Distrik Waropko, Kabupaten Boven Digoel, Papua cara membuat selai nanas.

“Pelatihan membuat selai nanas tersebut, secara sederhana dan singkat diperagakan oleh anggota Pos Kalikao Satgas Pamtas Yonif 405/SK,” kata Dansatgas Yonif 405/SK, Letkol Inf Diantoro, Kamis (31/8).

Menurutnya, peserta pelatihan diberikan penjelasan mulai dari pemilihan jenis buah nanas, pengupasan dan proses pemarutan buah. Parutan nanas kemudian dicampur dengan bahan tambahan lain seperti gula pasir, garam dan air jeruk.

Peserta juga diberi penjelasan cara memanaskan adonan hingga mendidih dan airnya meresap. Hasil selai nanas tersebut dapat disimpan dalam toples maupun wadah tertutup lainnya.

Disela-sela kegiatan, Ibu Wilhelmus selaku ketua Tim Penggerak PKK dari Kampung Waropko mengatakan, masyarakat sangat berterima kasih dengan adanya pelatihan pembuatan selai nanas oleh anggota TNI.

“Selai ini sangat bermanfaat, proses pembuatan mudah dan cepat, bahan yang digunakan juga mudah didapat, sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya dalam membuatnya,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

Advertisement