Satpol PP Merauke Studi Banding ke DKI Jakarta

Satpol PP Merauke Studi Banding ke DKI Jakarta

Kepala Satpol PP Merauke, Elias Refra

Metro Merauke – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Merauke, Papua belum lama ini melakukan studi banding penegakan peraturan daerah ke Pemerintah DKI Jakarta.

Kepala Satpol PP Merauke, Elias Refra mengatakan, dipilihnya ibu kota negara sebagai tempat studi banding, karena sejauh ini DKI dinilai lebih maju dalam penerapan penegakan peraturan daerah, terutama dalam penertiban penggunaan trotoar.

“Kami perlu melakukan koordinasi yang baik dengan daerah lain, utamanya untuk saling belajar terkait penegakan peraturan daerah,”katanya kepada wartawan, Rabu (30/8).

Sesuai ketentuan kata dia, trotoar disiapkan untuk pejalan kaki. Jika trotoar difungsikan tidak sesuai ketentuan, akan ditertibkan.

Katanya, undang-undang tentang pemerintahan daerah yang baru, menuntut pemerintah daerah harus segera melakukan penyesuaian tugas fungsi pemerintahannya, termasuk tugas fungsi pemerintah daerah terkait penegakan peraturan daerah.

“Kompleksnya permasalahan dalam penegakan peraturan daerah, dirasa perlu oleh Satpol PP antardaerah saling berbagi informasi, agar terjadi sinkronisasi pola kerja, sehingga dapat saling mengisi antarkeduanya,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement