Pot Tanaman Telan APBD Merauke Senilai Rp400 Juta

Pot Tanaman Telan APBD Merauke Senilai Rp400 Juta

Pembangunan pot tanaman di Jalan Spadem yang dikritik anggota DPRD Merauke

Metro Merauke – Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Merauke, Papua akan melakukan penyegaran wajah Kota Mereuke dengan membangun pot bunga di pinggir jalan dalam dalam kota. Salah satunya di Jalan Garuda Spadem yang kini menjadi sorotan dari legislatif.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Paino saat dikonfirmasi Metro Merauke menjelaskan, pengerjaan pot tanaman yang dikritik DPRD setempat merupakan proyek pembangunan program Dinas Tata Kota. Pembangunan pot tanaman yang direncanakan sebanyak 160 buah itu akan menelan APBD kabupaten setempat tahun ini senilai Rp400 juta.

“Pada tahun 2016 terjadi peleburan dinas menjadi Dinas Perumahan Rakyat, karena program sudah masuk dalam DIPA Dinas Perumahan Rakyat, maka harus dikerjakan,” katanya, Selasa (29/8).

Menurut dia, pihaknya berencana menemui anggota dewan untuk meluruskan permasalahan, sehingga terjadi kesamaan persepsi dalam pengerjaan pembangunan pot tanaman.

Sesuai perencanaan pembangunan ratusan pot tanaman dari Jalan Garuda Spadem hingga Universitas Musamus bertujuan untuk mempercantik wajah kota. Nantinya, setelah pot rampung bakal diisi dengan tanaman bunga bugenvil.

“Ini memang belum jadi sehingga belum kelihatan hasilnya. Padahal tujuan pembangunan pot untuk menyegarkan kota supaya tidak gersang dengan menanami bunga, potnya juga akan dicat.”

Paino memastikan, penempatan pot bunga itu tidak bakal mengubah fungsi dan menghalangi para pejalan kaki. (Nuryani/Arjuna) 

Advertisement