Pemerintah Berupaya Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja

Pemerintah Berupaya Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja

Pembukaan Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi Kompetensi Kerja di Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua selama dua hari menggelar Sosialisasi Standarisasi dan Sertifikasi Kompetensi Kerja di Kabupaten Merauke dengan diikuti 15 orang perserta dari instruktur Balai Latihan Kerja, para guru Sekolah Menengah Kejuruan dan aparatur Dinas Tenaga Kerja Merauke.

Wakil Bupati Merauke, Sularso mengatakan, sosialisasi penting untuk memberikan pemahaman kompetensi kepada tenaga kerja, sehingga akan menghasilkan tenaga kerja sesuai kebutuhan dunia usaha dan dunia industri.

“Ini sebagai upaya pemerintah provinsi meningkatkan kompetensi dan produktifitas tenaga kerja Papua yang berbakat, mandiri dan sejahtera,” kata Sularso dalam sambutannya, Selasa (29/8).

Menurutnya, kini tantangan kerja diera MEA kian berat, sehingga kebutuhan dunia usaha akan tenaga kerja yang memiiki kompetensi sangat besar dan menjadi prioritas.

“Untuk menjawab itu, kita perlu menyiapkan tenaga kerja yang handal dan mumpuni dibidangnya,” ucapnya.

Katanya, dengan demikian akan tercipta suatu lingkungan persaingan yang sangat tajam, tidak terlepas dari kemampuan penguasaan terhadap sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi serta kemampuan dalam memanfaatkan peluang dalam kancah perdagangan internasioal

“Untuk itu diperlukan suatu keunggulan kompetitif yang sangat kuat agar dapat bertahan dan berkembang diera globalisasi. Hanya pelaku usaha yang mampu meningkatkan keunggulan kompetitif, akan berhasil meraih dan meningkatkan pangsa pasar dalam kancah internasional,” katanya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement