Masyarakat Sota Kebanyakan Menderita ISPA

Masyarakat Sota Kebanyakan Menderita ISPA

Pengobatan gratis oleh prajurit TNI di perbatasan kepada masyarakat Yanggandur

Metro Merauke – Ratusan masyarakat di Kampung Yanggandur, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua mendapatkan pengobatan gratis dari Satuan Tugas (Satgas) Yonif para Raider 503/MK Kompi 2 di Pos Yanggandur, 28 Agustus 2017 lalu.

Hal itu disampaikan Dantokes Satgas Sota, Letda CKM Syamsul Islam, S.Kep,Ners kepada Metro Merauke, Rabu (30/8). Katanya, dari hasil pemeriksaan kesehatan, hampir semua masyarakat di Kampung Yanggandur yang mendatangi tempat berobat gratis untuk menyampaikan keluhan sakit yang diderita.

Secara umum kata dia, penyakit yang ditemukan adalah infeksi, saluran pernapasan dan akut (ISPA) dan gatal-gatal pada bagian kulit. Petugas  langsung memberikan bantuan obat-obatan.

“Kami juga melakukan kerjasama dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Sota serta pustu melakukan pelayanan sehari di Kampung Yanggandur,” ujarnya.

Katanya, tujuan pengobatan yang dilakukan, tidak lain melaksanakan tugas pokok dalam bidang territorial khususnya  kesehatan. Selain meningkatkan derajat kesehatan bagi masyarakat di sepanjang wilayah perbatasan, juga membantu pemerintah dalam memberantas penyakit yang diderita masyarakat. (LKF/Arjuna)

Advertisement