Diduga Ada Kepala Kampung Membuat Laporan Fiktif

Diduga Ada Kepala Kampung Membuat Laporan Fiktif

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu

Metro Merauke – Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Merauke, Papua, Moses Kaibu mensinyalir ada sejumlah kepala kampung di wilayah itu yang membuat laporan fiktif terkait penggunaan dana desa ke Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat (BPKPM).

“Saya ada bukti foto dari beberapa kepala kampung. Dimana, mereka membuat laporan ke BPKPM kalau dana desa yang berkisar diatas Rp1 miliar, telah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pembangunan. Namun, dalam kenyataan, fisik pembangunan nol besar,” katanya kepada Metro Merauke, Selasa (29/8).

Semestinya lanjut Kaibu, saat kepala kampung membuat laporan pertanggungjawaban, disertai bukti. Pejabat di instansi terkait harus turun ke lapangan melihat kondisi sesungguhnya di kampung terlebih dahulu.

Moses meminta inspektorat melakukan pemeriksaan fisik terhadap berbagai kegiatan pembangunan di kampung dari dana desa yang dikucurkan, karena disinyalir kuat, ada dugaan penyalahgunaan.

“Jika perlu melakukan audit terhadap penggunaan dana desa oleh kepala kampung. Pejabat dan dewan diaudit, sementara kepala kampung tak disentuh sama sekali,” ujarnya.

Katanya, dana miliaran rupiah dari pemerintah pusat dengan program Gerakan Pembangunan Kampungku (Gerbangku) yang digagas mantan Bupati Merauke periode 2011-2015, yang dicairkan hanya berkisar Rp300-Rp 400 juta, namun pembangunan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan nampak jelas. (LKF/Arjuna)

Advertisement