Terkuak Video Heroik Penyelam Selamatkan Hiu Paus yang Terjebak di Teluk Cenderawasih Papua Barat

Terkuak Video Heroik Penyelam Selamatkan Hiu Paus yang Terjebak di Teluk Cenderawasih Papua Barat

Menyelamatkan Hiu | Foto: Dailymail

Metro Merauke – Delapan penyelam mencoba menyelamatkan empat hiu paus yang terjebak di dalam jaring di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Papua Barat. Penyelamatan yang heroik ini pun baru terungkap setelah tiga tahun lamanya.

Hal ini bermula ketika empat hiu paus berukuran besar dan beberapa hiu kecil terjerat di dalam jaring. Dengan penuh ketelitian dan kesabaran, para penyelam mencoba membuka jaring untuk mengeluarkan empat hiu paus besar.

Dua ekor hiu paus berhasil keluar setelah para penyelam menarik dan membuka bagian atas jaring. Para penyelam terpaksa membuka jaring untuk membiarkan ikan-ikan besar tersebut berenang kembali ke lautan bebas.

Namun dua ekor hiu paus lainnya mengalami jeratan yang cukup serius di bagian bawah jaring. Sehingga membutuhkan usaha ekstra para penyelam untuk mengeluarkannya.

Beberapa hiu paus yang berhasil keluar diikuti oleh bayi-bayi hiu lainnya yang berlindung di bawah tubuh sang induk yang begitu besar. Rekaman ini dilakukan di Teluk Cenderawasih, Papua Barat, Indonesia dan diambil oleh penyelenggara scuba diving, Tuxus.

Ikan-ikan besar itu diduga terjebak di dalam jaring saat mereka mencair ikan. Hiu paus sendiri cenderung berenang dengan mulut terbuka di dekat permukaan air. Dengan begitu, mereka bisa mengumpulkan plankton dan ikan dengan mudah.

Menurut Tuxus, kejadian seperti ini kadang-kadang terjadi ketika para hiu paus tergoda untuk memakan ikan-ikan kecil yang ada di dalam jaring. Namun mereka tak menyadari bahwa jaring bisa menjerat tubuh mereka yang besar.

“Jika nelayan melepaskan jaring untuk melepaskan hiu, mereka akan kehilangan tangkapannya sepanjang malam. Jika tidak, hiu paus akan memakan semua ikan kecil dan akhirnya merobek jaring untuk keluar,” ujar Tuxus dikutip dari Dailymail, Jumat (25/8).

Tuxus juga mengatakan bahwa situasi ini cenderung menciptakan konflik di mana hiu akan selalu kalah. Hiu paus sendiri merupakan salah satu ikan terbesar di dunia. Mereka bisa tumbuh sepanjang 14 meter dan bobot tubuhnya mencapai 20 ribu kilogram.

“Pada hari itu, kami berada di dekat kapal nelayan dan menawarkan bantuan untuk melepaskan ikan hiu dengan kehilangan tangkapan sepanjang malam, para penyelam kami menarik jaring sedikit dan mendorong hiu,” lanjut Tuxus.

Video tersebut telah diambil pada tiga tahun yang lalu. Namun Tuxus baru mengungkapkannya baru-baru ini. (vin)

Sumber: Okezone

Advertisement