Kepala Kampung di Merauke Jangan Selewengkan Anggaran

Kepala Kampung di Merauke Jangan Selewengkan Anggaran

Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso

Metro Merauke – Wakil Bupati Merauke, Papua, Sularso mengingatkan setiap kepala kampung di wilayah pemerintahannya benar-benar konsisten dalam pemanfaatan dana kampung. Jangan sampai ada penyelewenangan anggaran pembangunan masyarakat kampung itu.

Meski begitu, Sularso menyatakan pihaknya belum mendapat laporan dugaan penyelewengan dana kampung seperti temuan anggota DPRD Merauke.

Katanya, dugaan penyimpangan dana kampung itu harus dibuktikan jika memang benar ada oknum kepala kampung yang menggunakan dana kampung untuk kepentingan pribadi.

“Meski benar adanya, pemerintah tidak akan tinggal diam. Pasti akan ada tindakan yang kami ambil, tahap awal dilakukan pembinaan tidak sertamerta langsung ditindak,” ujarnya, Jumat (25/8).

Menurutnya, sudah menjadi tugas dan fungsi dewan melakukan pengawasan dan memberikan saran, serta masukan kepada pemerintah berkaitan kemajuan pembangunan di daerah, utamanya pengawasan dana kampung yang diharapkan pengelolaanya transparan.

“Sesuai ketentuan pemanfaatan, dana kampung diharapkan dikelola maksimal sesuai program yang direncanakan. Terkait adanya dugaan penyalahgunaan yang sifatnya untuk kepentingan pribadi, harus dipertanggungjawabkan. Kalau tidak, bisa berurusan dengan hukum,” katanya.

Sularso menyebut, di Indonesia mayoritas laporan keuangan dana kampung belum maksimal digunakan, sehingga butuh pengawasan dari semua komponen. Namun pengawasan bukan berarti tindakan, kalau ada kekurangan perlu diperbaiki. Pemerintah wajib memberikan pendampingan kepada masyarakat kampung.

“Diberbagai kesempatan saya selalu mengingatkan aparat kampung memaksimalkan pemanfaatan dana kampung. Sudah menjadi tugas bersama, baik pemerintah, lembaga dan masyarakat mengawasi penggunaan dana kampung sesuai rencana,” imbuhnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement