Muyak Optimis Serapan APBD Merauke Mencapai Target

Muyak Optimis Serapan APBD Merauke Mencapai Target

Kepala BPKAD Merauke, Albertus Muyak di dampingi Kepala Badan Pendapatan Daerah dalam hearing bersama DPRD Merauke

Metro Merauke – Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Merauke, Papua, Albertus Muyak optimis serapan APBD setempat tahun ini mencapai target.

Hal itu dikatakannya menanggapi kekhawatiran legislatif akan serapan APBD Merauke Tahun Anggaran 2017, dalam hearing DPRD setempat bersama dua SKPD di ruang sidang DPRD Merauke, Kamis (24/8).

Ia mengatakan, mengacu pada penyerapan anggaran dua tahun terakhir, pada waktu yang sama kisaran capaian serapan APBD tak mengalami perbedaan yang signifikan.

“Ditahun 2015 tepat, 24 Agustus capaian serapan anggaran sebesar 30,79 persen, sedangkan ditahun 2016, diwaktu yang sama, berkisar 32,6 persen dan kini pada 2017, telah mencapai 35,23 persen,” kata Muyak.

Menurutnya, masih ada sisa waktu beberapa bulan kedepan untuk bersama memaksimalkan serapan APBD Merauke. Namun ia mengakui, jika dilihat secara laporan, serapan anggaran sebenarnya cukup terlambat. Salah penyebebnya, karena pimpinan sejumlah OPD masih berstatus pelaksana tugas.

Dalam rapat itu, Anggota DPRD Kabupaten Merauke, Endang Tri Astuti menilai, serapan APBD sangat mempengaruhi perputaran ekonomi masyarakat.

Ia menyebut, penyerapan anggaran daerah perlu terus didorong agar target serapan anggaran tercapai. Terlebih dalam waktu dekat sudah masuk tahapan pembahasan APBD perubahan. “Banyak warga yang mengeluh dengan lemahnya perputaran ekonomi masyarakat,” katanya.

Sebagai wakil rakyat, ia tidak ingin realisasi anggaran tak tercapai. Untuk itu, masalah tersebut harus dituntaskan secepatnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement