10 Tahun Anjing Setia Ini Menunggu Makam Tuannya, Kisahnya Menyentuh

10 Tahun Anjing Setia Ini Menunggu Makam Tuannya, Kisahnya Menyentuh

Foto: Copyright odditycentral.com/Los Andes

Metro Merauke – Nama anjing ini adalah Capitan. Ia merupakan anjing yang telah berusia cukup tua yakni 15 tahun. Sebelum sang tuan meninggal dunia, nyaris setiap hari Capitan akan berada di samping sang tuan. Anjing manis ini juga akan setia menemani sang tuan melakukan berbagai aktivitas hariannya.

Tapi, sang tuan yakni Miguel Guzman meninggal dunia pada tahun 2006 lalu. Sejak sepeninggal sang tuan inilah, kisah menyentuh hati dari Capitan di mulai. Sepeninggal Miguel, Capitan menjadi anjing yang pemurung. Ia juga menjadi anjing yang tidak seaktif dulu. Hingga beberapa bulan kemudian, Veronica yang tak lain adalah istri almarhum Miguel menyatakan telah kehilangan Capitan. Ya, Capitan pergi dari rumah.

Capitan adalah anjing yang sangat setia dengan tuannya | Foto: Copyright odditycentral.com

Meski telah dicari ke berbagai tempat, anjing yang begitu setia dengan tuannya tersebut tidak ditemukan. Hingga pada tahun 2012, Veronica menemukan Capitan di dekat makam suaminya di Carloz Paz, Argentina.. Anjing itu dengan setia berdiri di sisi makam sang suami untuk menunjukkan rasa setianya.

Beberapa kali Veronica dan anaknya yakni Demian membawa Capitan pulang. Tapi anjing itu selalu kembali ke makam suaminya dan menunggui makam tersebut sepanjang hari. Mengerti apa yang diinginkan oleh Capitan, Veronica pun akhirnya membiarkan anjing itu menunggui makam suaminya.

Walau membiarkan Capitan menunggui makam suaminya, Veronica tetap memastikan anjing tersebut akan senantiasa baik-baik saja. Veronica meminta penjaga makam untuk selalu memantau kesehatan Capitan, Veronica juga akan memastikan bahwa anjingnya tersebut makan tepat waktu dan cukup setiap harinya.

Dan kini setelah 10 tahun, Capitan tetap setia menunggu makam sang tuan. Walau kondisinya kesehatannya terus memburuk dan daya penglihatannya semakin kabur, anjing setia ini tak mau meninggalkan makam tuannya. “Kami tidak tahu bagaimana ia bisa menemukan makam pemiliknya. Miguel tidak meninggal di Carloz Paz melainkan di Cordoba. Ini membuktikan bahwa mereka berdua memiliki ikatan yang sangat kuat,” ungkap Veronica.

Mengenai kisah Capitan ini, banyak netizen yang merasa tersentuh dan terharu. Bagaimana jika dengan kamu ladies? (vem/mim)

Sumber: Vemale

Advertisement