Keunggulan Kendaraan Listrik versi PLN

Keunggulan Kendaraan Listrik versi PLN

Mobil listrik | Foto: Liputan6

Metro Merauke – PT PLN (Perseo) menyatakan banyak manfaat yang didapat dari penggunaan mobil dan motor listrik‎. Oleh karena itu perusahaan tersebut mendorong kendaraan listrik digunakan secara masif.

Manager Bidang Niaga ‎dan Pelayanan Pelanggan PLN Disjaya ‎Leo Basuki mengungkapkan, kendaraan yang mengunakan energi listrik jauh lebih hemat ketimbang Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dia mencontohkan, untuk motor listrik dengan total kapasitas 3 sampai 3,5 kilo Watt hour (kWh) dapat menempuh jarak 80 kilo meter (km), untuk mengisi listrik sampai penuh membutuhkan biaya kurang dari Rp 5 ribu.

“Untuk pengisian dengan ‎listrik non subsidi per kWh-nya Rp1.600, biaya yang dibutuhkan kurang dari Rp 5 ribu,” kata Leo, Museum Listrik dan Energi Baru Terbarukan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (23/8).

Leo melanjutkan, kendaraan listrik jauh lebih ramah lingkungan, karena menggunakan dinamo sebagai penggerak kendaraan dan tidak ada pembakaran di mesin sehingga‎ tidak menghasilkan gas buang.

‎”Motor listrik ngga ada kenalpotnya nggak ada asap, saat tidak jalan dia mati, semetara motor bakar jalan terus,” papar Leo.

Leo menuturkan, kedua hal tersebut sejalan dengan PLN. Oleh karena itu perusahaan listrik pelat merah ini mendukung penggunaan kendaraan l‎istrik, salah satunya mobil listrik secara masif oleh masyarakat. Apalagi negara lain sudah menggunakannya untuk mendukung aktifitas sehari-hari.

“Saya lihat mobil listrik tidak bisa dihambat, ‎di luar sudah pakai mobil listrik, kenapa kami hanya jadi pengikut, itu suatu era yang dari pada terlambat mending lebih cepat,” tutur Leo. (Pebrianto Eko Wicaksono)

Sumber: Liputan6

Advertisement