Merauke Hanya Dapat Jatah Pupuk 7.900 Ton

Merauke Hanya Dapat Jatah Pupuk 7.900 Ton

Ilustrasi panen padi di Kabupaten Merauke

Metro Merauke – Sekretaris Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Merauke, Papua, Romanus Sujatmiko menyatakan, setiap tahun jatah pupuk untuk kabupaten itu dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemerintah provinsi hanya 7.900 ton.

Ia mengatakan, jumlah ini jauh dari yang diharapkan, lantaran pihaknya mengajukan permintaan usulan berkisar 34.000 ton. Tidak sesuainya jatah yang diberikan dengan pengusulan, membuat jatah pupuk untuk petani di kampung-kampung sangat minim.

“Kami usulkan jumlah itu, karena dari tahun ke tahun, lahan yang dibuka untuk kegiatan pertanian terus mengalami peningkatan,” kata Sujatmiko kepada Metro Merauke, Selasa (22/8).

Sesuai aturan lanjut dia, setiap petani mendapatkan 400 kilogram pupuk untuk lahan garapan seluas dua hektar. Namun pupuk yang didistribusikan ke Merauke sangat minim. Tentu tidak akan mencukupi jatah setiap petani.

“Kami sudah menanyakan ke provinsi, namun tak ada jawaban pasti. Ini persoalan serius yang harus dibahas secara bersama-sama kembali,” ujarnya.

Katanya, jika jatah yang diminta Pemkab Merauke sesuai, dipastikan penyaluran pupuk oleh distributor kepada petani tidak mengalami kekurangan. (LKF/Arjuna)

Advertisement