Ditemukan Ratusan Ton Pupuk Subsidi di Gudang Distributor

Ditemukan Ratusan Ton Pupuk Subsidi di Gudang Distributor

Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Merauke, Jorgen Betaubun ketika diwawancarai wartawan, Selasa (22/8)

Metro Merauke – Komisi II DPRD Kabupaten Merauke, Papua menemukan sebanyak 740 ton pupuk subsidi berbagai jenis menumpuk di gudang milik distributor. Tidak hanya ada, masih ada kurang lebih 20 kontainer pupuk lain yang belum dibongkar distributor di Pelabuhan Merauke.

“Saya ingin tegaskan bahwa tidak ada kelangkaan pupuk, karena kami menemukan ratusan ton pupuk subsidi di gudang distributor,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Merauke, Jorgen Betaubun kepada sejumlah wartawan, Selasa (22/8).

Menurutnya, distributor beralasan hal ini disebabkan pupuk datang ketika petani di Merauke telah selesai memanen padinya. “Itu juga menjadi salah satu permasalahan. Tetapi, tentunya harus dibahas bersama dengan sejumlah instansi lain,” ujarnya.

“Kami juga mendapatkan informasi, ada petani yang membeli pupuk dalam jumlah banyak, sehingga petani kecil lain tidak mendapatkan pupuk,” ucapnya lagi.

Padahal kata dia, sesuai aturan, pupuk bersubsidi telah diatur distribusinya. Petani berhak mendapat 400 kilogram pupuk untuk lahan garapan seluas dua hektar.

“Saya juga mempertanyakan peran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Apakah selama ini mereka menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik, atau tidak mendengar berbagai keluhan petani soal pupuk,” katanya.  (LKF/Arjuna)

Advertisement