Dinas Peternakan Merauke akan Periksa Hewan Kurban

Dinas Peternakan Merauke akan Periksa Hewan Kurban

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bambang Dwiatmoko

Metro Merauke – Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Merauke, Papua akan mengerahkan sejumlah petugas memeriksa hewan kurban.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bambang Dwiatmoko mengatakan, hewan kurban wajib diperiksa kesehatannya demi menjamin kualitas daging hewan kurban yang aman, sehat, utuh dan halal. Pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan sebelum dan sesudah dipotong.

“Memang seluruh hewan yang masuk sebelum dipotong, terlebih dahulu harus diperiksa,” katanya kepada wartawan, Selasa (22/8).

Menurutnya, jika dalam pemeriksaan ditemukan ada hewan kurban yang tidak memenuhi syarat, misalnya sakit dan kurus, dipastikan calon hewan kurban itu akan ditolak.

“Tahun sebelumnya, ada kami temukan yang begitu, hewannya kurus dan sakit, pasti kami tolak karena calon hewan kurban itu tidak memenuhi standar dan persyaratan,” ujarnya.

Sebenarnya lanjut dia, pemeriksaan terhadap calon hewan kurban merupakan agenda rutin setiap tahun. Pemeriksaan secara intensif dilakukan hingga menjelang Idul Adha yakni pada H-3 hingga H-1.

Pihaknya menghimbau masyarakat yang akan berkurban, baik perorangan maupun kerukunan, segera melaporkan hewan kurbannya untuk dipemeriksa kesehatannya, sehingga daging kurban yang dikonsumsi masyarakat aman. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement