IKADI Merauke Gelar Pelatihan Manajemen Masjid dan Da’i

IKADI Merauke Gelar Pelatihan Manajemen Masjid dan Da’i

Sejumlah Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) saat mengikuti Pelatihan Manajemen Masjid dan Da'i/Dai'ah, Sabtu (19/8

Metro Merauke – Puluhan Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) di Merauke, Papua selama dua hari dilatih manajemen masjid. Pelatihan yang menghadirkan pembicara Ustd H Ahmad Yani dan Sukeri Abdillah ini bertujuan memberdayakan masjid sebagai pusat kebangkitan umat.

Ketua Ikatan Dai Kabupaten Merauke, H Beni Malik mengatakan, masjid harus dikelola sedemikan rupa sehingga memotivasi umat muslim meningkatkan ibadahnya. Untuk itu dibutuhkan manajemen optimal dalam kepengurusan masjid.

“Pelatihan seperti ini sangat penting dilakukan, sehingga menambah pengetahuan dan juga upaya dalam penataan manajemen setiap masjid. Termasuk bila ada permasalahan berkaitan dengan masjid dapat segera teratasi dengan baik,” katanya kepada wartawan, Sabtu (19/8).

Katanya, keberadaan masjid di tengah masyarakat memiliki makna strategis. Selain untuk meningkatkan spiritualitas, juga pendidikan, dan sosial ekonomi masyarakat.

“Kami berharap, kedepan manajemen dan operasional masjid dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat sehingga mampu menjadi masjid yang berdayaguna, menuju umat yang lebih sejahtera sekaligus memenuhi praktik pengelolaan yang sesuai standar,” ucapnya.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan pemahaman layanan prima kepada jamaah hingga strategi pemberdayaan masjid, dan manajemen keuangan masjid. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement