Kadisdukcapil Merauke Butuh SK Bupati

Kadisdukcapil Merauke Butuh SK Bupati

Kadis Kependudukan dan Capil Merauke, Dominikus Yomkondo

Metro Merauke – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Merauke, Papua, Dominikus Yomkondo menyatakan, meski telah dinyatakan kembali aktif menjabat sejak 1 Agusus 2017, namun ia butuh ada Surat Keputusan (SK) definitf dari bupati setempat, Frederikus Gebze.

“Memang ada surat untuk pengembalian saya sebagai kepala dinas dari Bupati Merauke. Namun, perlu diperkuat dengan SK, sehingga saya benar-benar definitif sebagai kepala dinas,” kata Dominikus kepada Metro Merauke, Jumat (18/8).

Menurutnya, dengan adanya SK bupati, segala hak sebagai seorang pejabat dapat ia dapatkan, meski ia membenarkan jika hanya menjabat sementara waktu.

“Betul bahwa saya hanya sebulan menjadi kepala dinas, sambil server diaktifkan sehingga pelayanan kependudukan seperti e-KTP maupun kartu keluarga dan lain-lain dapat berjalan,” tuturnya.

Katanya, ia siap jika ada keputusan bupati setempat. Namun harus dikaji kembali dengan aturan yang jelas. Jangan sampai menyalahi aturan yang dapat mengakibatkan server di Kantor Disdukcapil kembali diputuskan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Nantinya masyarakat yang dirugikan terus, karena tak  dapat memroses e-KTP serta dokumen kependudukan lain,” ucapnya.

Dikatakan, jika ia hendak diberhentikan, jauh-jauh hari Bupati Merauke  sudah harus mengusulkan pengganti ke Kementerian Dalam Negeri, sehingga dapat diproses. Degan begitu, jika SK Mendagri diterima, pejabat bersangkutan  dilantik untuk melaksanakan tugas sebagaimana biasa. (LKF/Arjuna)

Advertisement