Warga PNG Ikut Upacara Peringatan HUT ke-72 RI di Sota

Warga PNG Ikut Upacara Peringatan HUT ke-72 RI di Sota

Warga PNG antusias mengikuti upacara HUT RI ke 72 di Sota, Merauke, Papua

Metro Merauke – Sedikitnya 264 orang warga Negara Papua Nugini (PNG) mengikuti upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke-72, Kamis 17 Agustus 2017 di Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua yang merupakan perbatasan RI-PNG.

Dengan mengenakan pakaian seadanya, ratusan warga PNG itu berbaur di lapangan Distrik Sota bersama peserta upacara lainnya, mulai dari kalangan pelajar, polri, TNI, ASN hingga BUMN dan BUMD.

Plt Direktur Utama PT Semen Indonesia (Persero), Darmawan Junaidi bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik Proklamasi yang berlangsung hikmat.

Kepala Pos Kantor Imigrasi Sota, Charles Hendrik Urop kepada wartawan mengatakan, kedatangan 264 warga PNG itu merupakan inisiatif mereka sendiri untuk ikut merayakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, negara yang bertetangga dengan PNG.

“Mereka adalah tamu kita, sehingga perlu tetap diperhatikan dan dilayani dengan baik,” kata Charles usai upacara.

Dari catatan keimigrasian, hampir setiap tahun pada puncak HUT RI, warga PNG berdatangan ke Indonesia beberapa hari sebelum puncak HUT untuk mengucapkan dirgahayu.

Ini menjadi momen tujuh belasan yang ditunggu-tunggu, menyaksikan berbagai hiburan rakyat penyemarak HUT RI yang dikemas panitia di Sota.

“Selain itu warga PNG memang masih ada hubungan kekerabatan dengan warga Indonesia, sehingga mereka datang untuk mengucapkan selamat sekaligus menikmati hiburan rakyat selama beberapa hari,” ujarnya.

Ratusan warga PNG ini lanjut dia, merupakan warga yang datang dari beberapa kampung di Provinsi Daru, PNG. Petugas tetap melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap mereka berada di wilayah Indonesia. Rencananya, ratusan orang PNG itu akan kembali ke negaranya Sabtu (19/8). (Nuryani/Arjuna)

Advertisement