Smile Train Operasi Enam Pasien Bibir Sumbing

Smile Train Operasi Enam Pasien Bibir Sumbing

Dokter tengah memeriksa kondisi pasien operasi bibir sumbing

Metro Merauke – Para dokter Yayasan Smile Train Indonesia bekerjasama dengan RS Bunda Pengharapan Merauke, Papua mengoperasi enam pasien bibir sumbing, Rabu (16/8).

Direktur Rumah Sakit Bunda Pengharapan, dr. Robert Kwaria menjelaskan, operasi bibir sumbing baru pertama kali dilaksanakan di RS itu, lantaran telah ada kerjasama pihak rumah sakil dan Smile Train, yang selama ini bergerak melakukan pengobatan bibir sumbing.

“Ada enam pasien yang dioperasi. Satu orang dewasa dan lima anak-anak. Operasi bibir sumbing ini gratis dilakukan Smile Train, sebagai bentuk kepedulian untuk masyarakat dan memeriahkan HUT RI ke-72, 17 Agustus 2017,” katanya kepada wartawan, Kamis (17/8).

Salah satu tim dokter bedah dari Smile Train, Deasy Larasati mengatakan, rangkaian bakti sosial lewat operasi bibir sumbing gratis itu, akan secara kontinyu dilakukan sebagai upaya mengatasi kendala penderita bibir sumbing.

“Usai dilakukan operasi, para pasien ini akan dipantau hingga benar-benar sembuh,” ujar Deasy Larasati.

Menurut Larasati, ada beberapa factor penyebab bibir sumbing. Pihaknya berharap, program Smile Train dapat membantu warga yang mengalami bibir sumbing untuk dapat kembali tersenyum dan tidak lagi merasa minder. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement