Akun YouTube Jokowi Siarkan Upacara 17 Agustus dalam Video 360

Akun YouTube Jokowi Siarkan Upacara 17 Agustus dalam Video 360

Pengumuman hitung mundur menuju siaran langsung upacara peringatan HUT RI ke-72 di Istana Negara lewat streaming video 360 derajat di akun YouTube Presiden Joko Widodo | Foto: Presiden Joko Widodo/ YouTube

Metro Merauke – Pada 17 Agustus 2017, Republik Indonesia memasuki usia ke-72 tahun. Upacara dirgahayu kemerdekaan Tanah Air di Istana Negara kali ini bakal disiarkan secara langsung dalam format video 360 derajat melalui akun YouTube Presiden Joko Widodo.

Video 360 derajat memungkinkan penonton memandang ke segala arah sehingga memberikan sensasi seolah benar-benar hadir di lokasi.

Penonton bisa menyaksikan rangkaian pesta kemerdekaan dari berbagai sudut pandang. Untuk mengganti angle, cukup gulir layar YouTube ke kanan, kiri, atas, atau bawah, menggunakan mouse di PC.

Bagi yang menonton melalui smartphone. Cukup buka aplikasi YouTube, lalu arahkan ponsel ke berbagai sudut.

Jika ingin pengalaman yang lebih nyata, pengguna bisa menonton via smartphone dan menghubungkannya ke perangkat virtual reality alias VR. Perangkat VR bikinan Google, Cardboard, juga bisa digunakan.

Selanjutnya pengguna hanya perlu menoleh ke berbagai arah untuk mengamati seluruh rangkaian acara di Istana Negara. Tapi, harus dipastikan smartphone yang digunakan sudah mendukung teknologi VR.

Sebelumnya, pada upacara 17 Agustus tahun lalu di Istana Negara, Jokowi juga menayangkan live streaming video 360 derajat melalui akun YouTube miliknya.

Namun, sekarang Jokowi tidak memberitahukan terlebih dahulu perihal live streaming upacara lewat akun Facebook.

Posting terakhir sang Presiden di Facebook adalah soal pertukaran baju adat antara dia dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, untuk menggarisbawahi kebhinekaan Indonesia.

Berdasarkan pantauan KompasTekno pagi ini, Kamis (17/8), akun YouTube Jokowi akan memulai siaran live streaming video 360 upacara peringatan kemerdekaan RI pada pukul 09.00 WIB. (Oik Yusuf)

silakan kunjungi https://www.youtube.com/watch?v=xLR5VNuGRtY jika ingin menonton langsung melalui Youtube

Sumber: Kompas

Advertisement