6 Cara Mendeteksi Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

6 Cara Mendeteksi Kanker Payudara yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Tes dini kanker payudara di rumah | Foto: copyright Pixabay.com

Metro Merauke – Bagi para wanita, mendeteksi dini kanker payudara sebenarnya bisa dilakukan kapan saja dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Yang perlu diketahui para wanita adalah bagaimana melakukannya dan apa saja yang perlu dilakukan sebagai cara mendeteksi kanker payudara.

Seperti yang diterangkan National Cancer Institute, breast self-examination atau deteksi dini pada payudara bisa dilakukan dengan cara berikut ini.

1. Cek secara berkala
Jika kamu memasuki masa pre-menopause, yang bisa kamu lakukan adalah menetapkan waktu teratur memeriksa payudara setiap selesai menstruasi, ketika hormon relatif stabil dan payudara lebih empuk. Jika sudah menopause, pilih satu hari dalam sebulan untuk melakukan tes ‘perabaan’ dan ulangi setiap sebulan sekali.

Berkacak pinggang untuk memeriksa payudara | Foto: copyright National Cancer Institute

2. Tangan di pinggang
Di kamar mandi, berdirilah telanjang dengan kedua tangan berkacak pinggang. Lihat kedua payudaramu. Apakah payudaramu terlihat sehat atau tidak dengan memerhatikan ukuran, bentuk, warna kulit dan kontur payudaramu. Apakah ada yang aneh atau berbeda dari biasa yang kamu lihat dan rasakan.

Angkat tangan untuk memeriksa ada tidaknya kejanggalan pada payudara | Foto: copyright National Cancer Institute

3. Tangan di atas kepala
Tes selanjutnya, angkat kedua tangan di atas kepala, apakah perubahan pose membuat payudaramu berubah. Perhatikan apakah gerakan payudara berbeda satu sama lain, cek ukuran, bentuk dan caranya menggantung, apakah simetris. Perhatikan juga bagian areola (bagian hitam payudara) apakah warnanya merata dan sama. Perhatikan apakah ada benjolan atau bengkak di bagian tertentu yang membuat payudara tidak sama.

Angkat satu tangan dan raba payudara | Foto: copyright National Cancer Institute

4. Raba payudara dan ketiak
Selanjutnya, raba dan rasakan dengan tangan. Berikan pijatan atau rabaan memutar dari luar payudara, area ketiak hingga bagian dalam payudara. Pastikan kamu memeriksa seluruh bagian payudara. Akan lebih baik jika dilakukan saat mandi atau tubuh basah karena kulit lebih mudah dirasakan.

Pijat puting | Foto: copyright National Cancer Institute

5. Periksa kesehatan puting
Masih di area payudara, turunkan lengan sedikit. Menggunakan jari telunjuk dan jari tengah, perlahan pencet atau pijat bagian puting. Apakah ketika ditarik, puting akan kembali ke semula, apakah sakit saat ditarik dan seperti apa warnanya. Apakah ada cairan yang keluar saat kamu memencet dan apakah cairan itu normal.

Meraba dan memijat saat telentang | Foto: copyright National Cancer Institute

6. Meraba saat telentang
Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan telentang di kasur dan meraba payudara. Gunakan tangan untuk memeriksa adanya benjolan, tonjolan atau bengkak di payudara seperti kamu melakukannya saat berdiri. Karena dengan telentang, payudara bisa lebih melebar dan mudah diangkat.

Itu dia cara yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk tes yang lebih akurat, tentu saja dengan melakukan mammogram setiap setahun sekali. Karena bertambahnya usia, semakin besar kemungkinan serangan kanker payuadra, apalagi jika gaya hidup tidak sehat. (vem/feb)

Sumber: Vemale

 

Advertisement