Persiapan Jelang Peringatan HUT RI di Merauke Dimatangkan

Persiapan Jelang Peringatan HUT RI di Merauke Dimatangkan

Tarian kolosal dari TNI siap disuguhkan pada puncak HUT RI

Metro Merauke – Jelang Peringatan HUT RI ke-72 di Merauke, Papua, Kamis (17/8), berbagai persiapan dimatangkan. Tiga hari menjelang upacara detik-detik Proklamasi, dilaksanakan gladi bersih dilakukan di Lapangan Pemda, Selasa (15/8).

Koordinator seksi upacara, Kompol Marthen Koagouw menjelaskan, latihan seluruh rangkaian HUT RI perlu dilakukan dengan harapan, puncak peringatan hari kemerdekaan dapat berlangsung lancar.

“Pasukan paskibra besok akan dikukuhkan dan siap mengemban tugas mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih,” katanya disela-sela pelaksanaan gladi bersih.

Ia memastikan, upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di Lapangan Pemda, Kamis (17/8), Bupati Merauke, Frederikus Gebze akan menjadi inspektur upacara. Dalam upacara kali ini akan ada hal berbeda. Setelah upacara para peserta upacara dan tamu undangan yang hadir akan disuguhkan tari kolosal yang dari prajurit TNI.

Kasi Personalia Korem 174/ATW, Kolonel Inf Lukman Hakim kepada wartawan mengatakan, tarian akan dimulai dengan pengibaran bendera oleh sejumlah anggota TNI, dilanjutkan drama teatrikal masa awal peperangan mempertahankan NKRI dan mengangkat kembali sejarah penerjunan LB Murdani di Merauke. Katanya, setelah Bangsa Indonesia merdeka, seluruh masyarakat bersatu padu untuk terus menjaga persatuan, memiliki wawasan kebangsaan dan mengisi kemerdekaan lewat pembangunan diberbagai bidang.

Menurutnya, tarian kolosal HUT RI mengandung pesan dan makna besar yakni mengharapkan generasi muda tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement