Viral, Video Warga Temukan Butiran Beling dalam Garam Kemasan

Viral, Video Warga Temukan Butiran Beling dalam Garam Kemasan

Ilustrasi garam | Foto: Thinkstock/iStock

Metro Merauke – Video warga yang menemukan garam yodium kemasan yang bercampur dengan butiran yang diduga beling tersebar di media sosial.

Akun Mahendra Jaya di YouTube mengunggah video tersebut pada 12 Agustus 2017. Dalam video itu, seorang perempuan menunjukkan beberapa butiran beling setelah melarutkan garam ke dalam air kemudian menyaringnya menggunakan kain berwarna hitam.

“Ini garam beryodium, katanya. Tapi garam ini ternyata mengandung beling. Ini kita larutkan garamnya terus kita saring dan ini, Bu, garamnya mengandung beling ada beberapa butir beling,” kata perempuan itu sambil menunjukkan butiran berwarna putih yang diduga beling.

“Kebetulan tadi ada informasi dari WA (Whatsapp). Coba deh. Astagfirullahaladzim,” ucapnya.

Menurut penuturan pengunggah, video tersebut ia dapatkan dari sebuah akun di Facebook. Dia pun meminta pihak terkait untuk menindaklanjuti kebenaran dari informasi tersebut agar masyarakat tidak menjadi bingung.

“Mohon kepada pihak yang terkait agar menindaklanjuti kebenaran kasus ini agar masyarakat bisa membedakan apakah kabar ini benar atau hoaks. Jika benar adanya maka akan sangat membahayakan konsumen,” ujarnya.

Video serupa dengan merek garam yang berbeda juga beredar di media sosial. Akun Mentek Pedia di YouTube menggunggah video seorang warga yang sedang melarutkan garam dari kemasan bergambar ikan kemudian menyaringnya.

“Di sini kita akan membuktikan bahwa garam kemasan ini mengandung pecahan kaca,” ucap seorang pria dalam video tersebut.

Saat dihubungi Kompas.com, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengatakan pihaknya tengah menelusuri kebenaran dari informasi tersebut.

Sementara itu, Kompas.com masih berusaha meminta keterangan dari pihak produsen dua merek garam tersebut. (Kristian Erdianto)

Sumber: Kompas

Advertisement