Tumbuhkan Nasionalisme dengan Semarak HUT Kemerdekaan RI

Tumbuhkan Nasionalisme dengan Semarak HUT Kemerdekaan RI

Sekretaris Daerah Kabupaten Merauke, Papua, Daniel Pauta

Metro Merauke – Peringatan HUT Kemerdekaan RI identik dengan beragam kegiatan dan perlombaan yang melibatkan masyarakat, instansi pemerintah hingga pelajar. Sekda Kabupaten Merauke, Papua, Daniel Pauta menilai, ini bagian penting dilakukan dengan tujuan menumbuhkan rasa nasionalisme dan memupuk kebersamaan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Pemkab Merauke mengalokasikan anggaran senilai Rp1,5 miliar untuk memeriahkan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun ini.

Menurut Pauta, dana yang digelontorkan sudah mendapat persetujuan untuk mensukseskan setiap kegiatan yang telah direncanakan bersama.

“Lewat kegiatan memperingati HUT RI, sebagai upaya mempererat persatuan dan kesatuan. Artinya, pemerintah memberikan pelayanan yang berimbang,” katanya.

Ia berharap, tidak ada pihak-pihak yang beranggapan anggaran senilai Rp1,5 untuk peringatan HUT RI itu, sekedar menghamburkan uang negara, namun diharapkan semua komponen masyarakat mendukung dan bahu membahu mensukseskan peringatan hari kemerdekaan.

“Kalau sampai ada yang berpikir begitu, itu keliru karena dengan keluarkan uang seribu tapi untuk kebersamaan kita akan jauh lebih baik, ketimbang simpan uang besar tapi saling sikut,” ujarnya.

Alokasi angggaran miliar rupiah itu disebut telah dilakukan dengan perhitungan matang dan melihat setiap kebutuhan.

“Memang dari alokasi itu porsi yang lebih besar untuk kebutuhan pasukan pengibar bendera Merah Putih. Ini sebanding dengan tanggungjawab besar yang diemban Paskibra dalam tugasnya. Mereka dituntut maksimal,” ucapnya. (Nuryani/Arjuna)

Advertisement