Masuk Pesawat Tak Perlu “Boarding Pass”, Tinggal Foto Wajah

Masuk Pesawat Tak Perlu “Boarding Pass”, Tinggal Foto Wajah

Tailfin maskapai LCC AS, JetBlue. | Foto: Dok. JetBlue

Metro Merauke – Teknologi pengenal wajah bakal dipakai sebagai pengganti boarding pass pesawat. Maskapai Amerika Serikat JetBlue menjadi pertama yang bakal menerapkannya.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, belum lama ini, JetBlue mengumumkan bahwa mereka saat ini sedang bekerja sama dengan Imigrasi AS (U.S. Custom and Border Protection).

Untuk uji coba, JetBlue menerapkan teknologi pengenal wajah pengganti boarding pass ini di penerbangan antara Boston – Aruba, tepatnya di bandara Logan International Airport dan Queen Beatrix International Airport.

Pemindai wajah ini akan bekerja saat penumpang mengantre masuk pesawat. Foto lalu akan dicocokkan dengan paspor.

“Kami berusaha mengurangi kerumitan di airport, proses boarding ini menjadi salah satu yang sulit dipecahkan,” ujar Joanna Geraghty, Executive Vice President Customer Experience JetBlue.

“Self boarding menghapus scanning boarding pass dan pengecekan paspor manual, tinggal melihat ke kamera dan Anda sudah bisa berangkat,” imbuh Geraghty.

Prosedur nantinya ini bukan hanya berlaku untuk penumpang berwarga negara asing saja, melainkan juga warga negara AS.

Selain JetBlue, maskapai AS lain yang menggunakan teknologi pengenal wajah adalah Delta Air Lines. Namun, Delta menggunakan pemindai wajah ini untuk penanganan bagasi.

Penumpang yang ingin memasukkan bagasi diminta mencetak tag di mesin check-in Delta sebelum menaruh bagasi di mesin yang akan mencocokkan paspor dan foto menggunakan verifikasi wajah. (Reska K. Nistanto)

Sumber: Mahesa/ Kompas Tekno

 

Advertisement