Tari Kolosal akan Meriahkan HUT RI ke-72

Tari Kolosal akan Meriahkan HUT RI ke-72

Latihan tari kolosal yang akan ditampilkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Boven Digoel, 17 Agustus 2017 mendatang

Metro Merauke – Satgas Yonif 405/Surya Kusuma bersama elemen masyarakat perbatasan RI-PNG melakukan latihan tari kolosal yang akan ditampilkan pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72 di Kabupaten Boven Digoel, 17 Agustus 2017 mendatang.

Latihan tari kolosal yang disaksikan langsung Dansatgas Yonif 405/SK, Letkol Inf Diantoro ini melibatkan 117 personel yang terdiri dari anggota Satgas Yonif 405/SK, siswa SMA Santo Yosep, siswa SMA Katolik Tanah Merah, Perguruan pencak silat Kera Sakti dan musisi Putmaba Boven Digoel.

Kolaborasi tari kolosal antaranggota Satgas Yonif 405/SK bersama putra-putri daerah Kabupaten Boven Digoel tersebut, menceritakan sejarah dan mengisahkan perjuangan sosok pahlawan Bung Hatta yang diasingkan oleh kolonial Belanda di daerah itu.

Mengiringi cerita sejarah Kabupaten Boven Digoel dan kisah perjuangan Bung Hatta, penampilan tarian dengan mengenakan pakaian adat yang ada di Nusantara, turut menambah kemeriahan suasana dengan semangat kebersamaan.

Pertunjukan ini menggambarkan ragamnya budaya, adat dan agama yang terbingkai dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dansatgas mengatakan, makna yang terkandung dari tari kolosal ini diharapkan dapat menambah pemahaman masyarakat perbatasan RI-PNG tentang pentingnya mengetahui sejarah.

“Menumbuhkan rasa cinta tanah air, melestarikan kebudayaan dan saling menghormati antar sesama serta menghargai jasa Pahlawan, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para Pahlawanya,” katanya. (Getrudis/Arjuna)

 

Advertisement